Di Temukan Sekarung Koin Kuno Dan Juga Keris Oleh Warga Jombang Saat Menggali Pondasi Rumah

ditemukan koin kuno, ditemukan koin kuno di jombang, ditemukan harta karun, harta karun yang pernah ditemukan, harta karun yang belum ditemukan, harta karun pulau oak ditemukan, harta karun indonesia yang belum ditemukan, koin kuno ditemukan di jombang saat menggali tanah
Photo edit thumbnail dari:Enggran Eko Budianto/detik.com
Warga di kota jombang menemukan satu karung koin kuno, keris, pisau dan juga mata tombak saat menggali tanah untuk fondasi rumah. Sulis Ariyanto (39th) menceritakan, kalau koin kuno itu ditemukan di sekita pekarangan rumah ayah mertuanya Bpk.Suyitno diDusun Betek Selatan, Desa Betek, Kec Mojoagung pada hari Kamis 20/5, disekitar pukul 07.00 WIB. waktu itu, para pekerja sedang menggali tanah guna membangun sebuah pondasi calon rumah adik iparnya.

Pada mulanya penggalian dipekarangan itu hanya menemukan pecahan dari tembikar saja, di kedalaman sekitar 10cm. Dan penggalian pun dilanjutkan kembali sampai kedalaman 20 cm. Dan saat itulah beberapa pekerja menemukan adanya koin kuno dan juga beberapa senjata tajam. Lebih tepatnya yaitu sebuah keris lekuk 9, sebuah pisau dan juga mata tombak, Tidak ada pembungkusnya, pada hari Jumat (21/5/2021). Sementara itu kondisi keris, pisau dan mata tombak ditemukan dalam keadaan sudah berkarat. "Mungkin barang kuno semuanya. Dan pada koin tertera tahun 900an," kata Sulis.

Ditemukan warga jketika menggali tanah untuk fondasi rumah di Jombang, Satu karung koin kuno.

Menurut anggota Koramil Mojoagung yang berpangkat Sersan Satu kalau saat ini koin kuno, keris, juga pisau dan mata tombak tersebut disimpan dirumah tetangga mertuanya". "Dan Kami sudah melaporkan kepada perangkat desa. Nantinya akan kami pasrahkan kepihak yang berwenang," jelasnya.

Dan dari Koordinator Juru Pelihara di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Bpk.David Widodo sudah mengecek temuan benda kuno dipekarangan Suyitno itu. Beliau memperkirakan kalau koin kuno, pecahan tembikar, juga keris, pisau dan juga mata tombak tergolong benda cagar budaya (BCB). Sumber berita: news.detik.com